Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Harus Bentuk Sekretariat Bersama Atasi Masalah Limbah

  • Oleh Naco
  • 22 Maret 2017 - 17:59 WIB

BORNEONEWS, Sampit ' Ketua Komisi II DPRD Kotim Rudianur mengatakan, pengelolaan limbah bisa dilaksanakan dengan baik, salah satunya dengan membentuk sekretariat bersama (sekber) menggandeng pihak-pihak terkait.

'Seperti di Sumatera Utara ini, mereka membantuk sekretariat bersama (Sekber) yang melibatkan instansi pemerintahan, perusahaan perkebunan, lembaga legislatif serta pihak terkait lainnya. Sehingga pengelolaan limbah bisa dilakukan dengan baik,' kata Ketua Komisi II DPRD Kotim Rudianur, Rabu (22/3/2017).

Dikatakan Rudianur, seperti Provinsi Sumatera Utara yang menjadi tempat kunjungan kerjanya mereka saat ini bisa menjadi contoh penerapan Sekber yang baik, dengan tim Sekber yang dibentuk melakukan MoU dengan Pemerintah Daerah.

MoU itulah nanti yang menjadi dasar untuk melakukan pengelolaan limbah sehingga tepat sasaran dan memiliki tujuan yang jelas. 

Di Sumatera Utara, menurut Rudianur limbah bisa dibuang ke sungai namun harus dikelola secara baku mutu terlebih dahulu dan itu bisa dilakukan sebagaiman Peraturan Pemerintah nomor 5 tahun 2015.

'Tidak hanya limbah perusahaan, limbah medis juga harus dikelola dengan baik,  seperti kunjungan kegiatan kami di DLH Provinsi ini pengelolaan limbah medis juga berjalan dengan baik. Ini yang kita harapkan agar bisa diterapkan di Kotim, jadi tidak benar kalau kegiatan kami ini disebut sebagai kegiatan pelesiran. Karena kegiatan dan ilmu yang kami dapat jelas,' pungkas Rudianur.(NACO/B-11)

Berita Terbaru