Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kawasan TN Sebangau di Katingan Paling Luas Dibanding Palangkaraya dan Pulang Pisau

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Maret 2017 - 23:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kawasan Taman Nasional Sebangau di wilayah Kabupaten Katingan sejauh ini adalah yang paling terluas, jika dibanding dengan kawasan TN Sebangau yang masuk Kota Palangkaraya maupun Kabupaten Pulang Pisau.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Pengelolaan TN Sebangau wilayah III Kabupaten Katingan, Suwandi, Rabu (22/3/2017).

"Selama ini kawasan Taman Nasional Sebangau di Provinsi Kalimantan Tengah itu ada di tiga wilayah. Yaitu Kota Palangkaraya, Pulang Pisau dan Katingan. Namun kawasan terluasnya ada di Kabupaten Katingan," sebut Suwandi.

Menurut Suwandi luas kawasan TN Sebangau di wilayah Kabupaten Katingan itu lebih dari 300 ribu hektare. Selain di wilayah Kecamatan Mendawai, kawasan TN Sebangau di Katingan sebagian juga berada di wilayah Kecamatan Tasik Payawan maupun Kecamatan Kamipang.

Selain itu saat ini TN Sebangau terus mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, seiring musim kemarau yang akan tiba dalam beberapa bulan lagi.

Salah satu caranya, adalah terus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru