Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Target Pembangunan 2018 Provinsi Kalimantan Tengah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 22 Maret 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sasaran dan target pembangunan di Kalimantan Tengah pada 2018 telah ditetapkan. Lalu apa saja proyeksi yang akan dikejar pada dua tahun kepemimpinan Sugianto Sabran-Habib Said Ismail di provinsi berjuluk Tambun Bungai ini

Ada enam indikator yang menjadi proyeksi keberhasilan pembangunan selama 2017 hingga akhir 2018 yang ingin disasar gubernur dan jajarannya. Yaitu indikator pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, angka kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka (TPT), gini ratio, dan indeks pembangunan manusia (IPM).

'Pertumbuhan ekonomi 6,5 persen pada 2018. Kemudian laju inflasi 4,3 hingga 4,4 persen. Berikutnya angka kemiskinan 5,02 persen, TPT 4,0 persen, gini ratio 0,299, IPM 70,70,' terang Penjabat Sekda Kalteng Sahrin Daulay kepada Borneonews.co.id, Rabu (22/3/2017).

Diterangkan, sasaran dan terget itu telah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menegah daerah (RPJMD) Provinsi Kalteng 2016-2021. Target kinerja pembangunan provinsi tersebut merupakan agregasi dari target kinerja pembangunan kabupaten/kota.

Untuk mencapai target indikator tersebut diperlukan upaya dan kerja keras pemerintah kabupaten/kota dan semua pihak terkait mulai dari kegiatan perencanaan, hingga pemgawasan atau pengendaliannya.

'Perlu keterlibatan kita semua, dan tentu saja hal ini perlu dukungan Kabupaten/Kota se-Kalteng melalui sinergitas, sinkronisasi dan harmonisasi program kegiatan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota, baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, maupun pengendaliannya,' tegasnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru