Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kabupaten/Kota Sering Lambat Laporkan Data

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 22 Maret 2017 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Dinas Pertanian kabupaten/kota sering lambat dalam menyampaikan laporan ke Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah.

Hal itu menjadi penyebab sering tidak sinkronnya perhitungan data produksi pertanian antara Dinas TPHP Kalteng dan dan Badan Pusat Statistik (BPS)

'Karena kabupaten/kota kerap kali terlambat mengirim laporan Strategi Pelaksanaan (SP) ke BPS. Ini yang terkadang membuat selisih data kerap terjadi, seharusnya tidak selisih,' terang Tute, Rabu (22/3/2017).

'Kalau terjadi keterlambatan laporan, ada data yang bolong, baik produktivitasnya, luas tanamnya, hingga jumlah produksi. Ini yang membuat perhitungan selisih,' lanjut dia.

Karena itu, ia mengimbau BPS sebelum menyampaikan laporan terlebih dahulu menyinkronkan data yang ada. Sehingga, tidak terjadi silang pendapat hasil produksi pertanian saat melakukan pembahasan angka tetap nantinya.

'Saya juga minta pada dinas pertanian kabupaten dan kota yang merasa belum menyampaikan laporan bisa menindaklanjuti ini. Ya, kalau tidak maka terlambat lagi dan akan berpengaruh,' sebut Tute. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru