Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hotel yang Layak Harus Miliki Apar, Sprinkler, dan Smoke Detector

  • Oleh Noor Annisa
  • 23 Maret 2017 - 14:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dilakukannya inspeksi terhadap sejumlah hotel yang ada di Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim) mengenai kelengkapan alat pemadam api atau kebakaran, dinas terkait sekaligus memberikan edukasi tentang alat yang harus dimiliki hotel.

"Yang paling penting hotel harus memiliki APAR (alat pemadam api ringan), untuk di kamar adanya sprinkler dan smoke detector itu juga bagus," ujar Kasi Investigasi Dinas Pemadam Kebakaran Kotim Samsul Bahri, (23/3/2017).

Dijelaskannya, untuk berapa banyak jumlah APAR di dalam hotel tergantung pada luas bangunannya. Semakin luas maka semakin banyak karena berpengaruh terhadap jangkauannya.

"Standarnya APAR diletakkan dengan jarak minimal setiap 20 meter, kalau sprinkler dan smoke detector itu harus ada di setiap kamar," terang Samsul.

Menurutnya, sejauh ini, dari dua buah hotel yang sudah dilakukan inspeksi hampir memenuhi standar proteksi kebakaran yang cukup baik. Hanya saja perlu adanya perawatan dan pengetahuan untuk penggunakan alat pemadam tersebut.

"Kelengkapan alat sudah cukup baik, selebihnya kami akan memberikan saran dan masukan serta pelatihan kepada pihak hotel apabila diperlukan," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru