Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerjasama TNI dan Dinas Pertanian Barito Utara Membuahkan Hasil Pertanian yang Signifikan

  • Oleh Ramadani
  • 23 Maret 2017 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Selama ini kerjasama antara Kodim 1013 Muara Teweh dengan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara membuahkan hasil yang sangat signifikan. Dimana pengerjaan pola tanam masyarakat berubah dari sebelumnya pertanian padi sawah hanya dilakukan sekali musim tanam, namun saat ini sudah dua kali musim tanam.

'Diharapkan juga ini berlaku pada padi ladang dengan pola dua musim tanam untuk dearah yang daya dukung tanahnya  masih tinggi,' terang Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi.

Padi ladang juga ditargetkan untuk bisa memunculkan ikon baru yakni padi organik dengan pola intensifikasi yang tidak menggunakan bahan kimia.

'Padi organik merupakan komuditi andalan, dimana harga jual dipasaran cukup tinggi yakni mencapai Rp20.000'Rp 25.000 per kilo gram, namun syarat padi organik harus lulus tes kimia pada uji laboratorium' ungkapnya.

Gerakan variasi produktif padi ladang di Barito Utara hanya berintensitas 2,8 - 3,2 ton per hektare. Ditargetkan ked epan padi ladang dapat mencapai produktivitas sekitar 5 ton per hektare. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru