Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kian Gencar Promosikan TNTP Kawasan Seruyan

  • Oleh Parnen
  • 23 Maret 2017 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemkab Seruyan kian gencar mempromosikan Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting yang kawasannya berada di kabupaten tersebut. 

Bupati Seruyan Sudarsono, mengungkapkan, belum lama ini menjamu kedatangan sejumlah turis asing mancanegara yang menyambangi Desa Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan.

"Kemarin saya menjamu turis asing yang berasal dari Inggris, China dan Amerika yang menyambangi Pembuang Hulu. Usai menggelar jamuan kunjungan itu, mereka saya ajak mendatangi kawanan orangutan di kawasan TNTP Seruyan. Jarak jangkaunya tidak begitu jauh. Dari Pembuang Hulu menuju Camp Seluang Emas, tempat habitat orangutan ditemui cuma ditempuh selama 45 menit," kata Sudarsono, Kamis (23/3/2017).

Sudarsono menjamu turis itu dengan alasan pemkab ingin memanfaatkan potensi wilayah TNTP. "Para turis asing tidak harus pergi ke Pangkalan Bun untuk menyambangi habitat orangutan. Di Seruyan pun bisa," ujarnya.

Meskipun lanjut bupati, dari segi akses sarana transportasi yang akan dilintasi untuk menunju lokasi hunian orangutan di TNTP Seruyan masih harus mengandalkan jalan milik perusahaan sawit sekitar.

"Tapi kita tetap bangga, bisa melakukan upaya pengembangan. Dari pengakuan turis asing, mereka senang bisa menyambangi orangutan di TNTP Seruyan," tandasnya. (PARNEN/B-11)

Berita Terbaru