Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Dewan Minta Pemkab Barito Utara Revisi Perda Perangkat Desa

  • Oleh Ramadani
  • 23 Maret 2017 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar, mengatakan setelah dirinya berserta sejumlah anggota dewan lainnya berkunjungan ke desa-desa,  pihaknya menerima beberapa keluhan para kepala desa. Keluhan itu seputar kesulitan para kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan.

Ia menuturkan, di Kabupaten Barito Utara cukup banyak kepala desa baru pascapilkades belum lama ini. Kebanyakan kepala desa baru itu tidak bisa bersinergi dengan aparat desa yang lama. Sehingga kelancaran program pemerintahan desa menjadi terhambat.

' Kita tidak bisa menutup mata bahwa imbas dari pemilihan kepala desa membuat blokade-blokade berkepanjangan di jajaran aparatur desa. Oleh karenanya, kalau tidak ada peraturan daerah tentang pemberhentian dan pengangkatan kepala desa, dikhawatirkan roda pemerintahan desa jadi tidak maksimal,' ujar Mustafa .

Menurutnya, persoalan itu harus menjadi perhatian pemerintah kabupaten dengan merencanakan raperda perubahan atas peraturan daerah yang lama.

Perda lama tentang pemberhentian dan pengangkatan pemerintah desa sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karenanya sudah selayaknya direvisi atau diperbaharui .

DPRD Barito Utara, katanya, tidak menginginkan aparat desa saling bersinggungan dan sulit bersinergi. Untuk itulah perlu segera merevisi perda yang ada demi kemajuan desa. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru