Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Pelit Ilmu, Rido Malah Terkenal

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Maret 2017 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rido Fanani (46), Pemilik Green Hidroponik Sehat, ternyata cukup terkenal. Saat Borneonews mengunjungi kediamannya di Jalan Badak 22, Palangka Raya untuk wawancara akhir pekan lalu, beberapa orang datang silih berganti ke rumahnya. Ternyata selain orang datang untuk membeli tanaman segar yang langsung dipanen sendiri.

Rido juga dikenal tidak pelit ilmu. "Kalau bagi ilmu kan gratis. Malah kalau lebih banyak orang yang bisa, makin sehat kita karena makan sayur yang baru dipanen," ungkap Rido kepada Borneonews.

Oleh karena itu, Rido tak segan-segan menjelaskan cara menanam sayuran menggunakan teknik hidroponik. Mulai dari persemaian hingga masa panen, Rido tak segan-segan menjelaskannya dengan gamblang.

"Menamanya gampang, malah lebih sederhana dibandingkan menanam di tanah. Hanya memang kita perlu memperhatikan setiap perkembangannya dan rutin memberi vitamin. Selain itu karena menanamnya di air, tidak akan susah memanennya dan akarnya lebih bersih," jelas bapak dua anak ini.

Tentu saja selain menjual tanaman hidroponik dan tidak pelit berbagi, Rido juga menanam beberapa komoditi yang agak sulit ditanam dengan menggunakan metode hidroponik.

"Kalau cabe dan tomat ya agak susah ditanam dengan metode hidroponik, tapi saya tanam juga di pot. Jadi biasanya ada yang mau beli sepohon begitu, dengan potnya juga, Saya jual Rp40.000 saja," jelas Rido.

Harga ini terbilang murah karena di luaran ada yang sudah menjual cabai dalam pot atau hanya di polybag dengan harga Rp60.000. Meski pun memang membeli tanaman siap panen ini lebih menguntungkan karena selain bisa dipanen beberapa kali, kita juga bisa memetiknya saat akan mengkonsumsinya sehingga lebih segar. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru