Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cintai Produk Lokal, Cintai Negara

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Maret 2017 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini eranya sudah berubah. Melalui pasar bebas, produk dari seluruh dunia juga bebas masuk ke Indonesia. Namun ada satu masalah yang terjadi, dengan banyaknya pilihan dari berbagai negara, produk lokal dalam negeri seolah tersingkir.

Namun menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Palangka Raya Januminro, meminta hal ini tidak terjadi di kota cantik.

"Masa untuk tomat atau wortel saja kita beli yang impor. Kalau kendaraan, elektronik, masih bisa ditoleransi tapi untuk sayur-sayuran lokal misalnya, jangan sampai kita lupa," tutur Januminro kepada Borneonews, Sabtu (25/3/2017).

Ia melanjutkan mencintai negara yang diawali dengan mencintai produk lokal. Upaya ini juga bentuk aksi bela negara. "Ingat ya, sekarang eranya sudah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang artinya seluruh produk dari luar negeri bebas masuk ke tempat kita. Lalu kalau sudah begitu, siapa yang mau membeli produk lokal kita kalau semua membeli yang dari luar," tegasnya

Sebagai aksi bela negara, menurut Janu, masyarakat bisa berpartisipasi dengan lebih mengutamakan produk dalam negeri. Perilaku ini merupakan bentuk nyata aksi bela negara yang sangat mudah dan  dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita tidak perlu lagi membela negara kita dengan aksi angkat senjata, kecuali kalau memang kita tentara. Cukup lebih mengutamakan produk dalam negeri sudah menjadi aksi bela negara yang bisa kita lakukan di bidang ketahanan ekonomi. Agar produk kita bisa bertahan dari arus MEA," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru