Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cerita Asal Muasal Terbentuknya Danau Malawen (5)

  • Oleh Uriutu
  • 26 Maret 2017 - 21:32 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Danau Malawen di Desa Sanggu, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), meninggalkan cerita rakyat terkait asal muasal terbentuknya.

Ungkin (73), sesepuh Desa Sanggu, mengatakan, suami istri Punta dan Kirim yang dulu tinggal di sana, ingin memiliki seorang anak diberi nama Kumbang Banaung. Pemuda itu kemudian berburu dan terpikat kecantikan seorang gadis bernama Intan,

Setelah berbur, secara diam-diam, kumbang kembali lagi ke Sanggu dengan maksud menemui si Intan. Setelah berkenalan dan mengetahui Intan adalah gadis cantik yang ramah dan sopan.

Maka ia pun jatuh hati kepadanya. Begitu pula si Intan yang tertarik kepada Kumbang.

Tanpa disadari, gerak-gerik Kumbang diawasi dan menjadi pembicaraan penduduk. Menurut mereka, perilaku Kumbang dan Intan telah melanggar adat di kampung mereka.

Sebagai anak Kepala Adat, Intan seharusnya memberi contoh yang baik kepada gadis-gadis sebayanya.

Oleh karena tidak ingin puterinya menjadi bahan pembicaraan, ayah Intan pun menjodohkan Intan dengan seorang juragan rotan di desa itu.

Di satu sisi suka kepada Kumbang, tapi di sisi lain telah dijodohkan oleh ayahnya dengan juragan rotan.

Sebenarnya Intan tidak menerima perjodohan itu, karena cintanya hanya untuk Kumbang. Namun watak ayahnya sangat keras, maka ia pun terpaksa menerimanya. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru