Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggaran ADD Bisa Digunakan untuk Cegah Karhutla

  • Oleh Supri Adi
  • 27 Maret 2017 - 11:26 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Semua desa di Kabupaten Murung Raya (Mura) diminta untuk menganggarkan program pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada alokasi dana desa (ADD). Anggaran itu bisa digunakan untuk menyediakan alat pompa portable mini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura, Markudius Dani mengatakan, dengan alat pemadam sederhana ini diharapkan setiap desa menjadi garda terdepan untuk mencegah bencana Karhutla tahun 2017 ini. "Berharap agar desa-desa maupun kecamatan bisa menyediakan alat pompa portable mini melalui ADD untuk membantu BPBD bila terjadi kebakaran," ungkap Dani, Senin (27/3/2017).

Menurut Dani, desa yang menyediakan alat pompa ini adalah desa yang letaknya jauh maupun akses masuk desa yang masih dalam keadaan rusak.

"Sangat disarankan bagi desa yang letaknya jauh dan ini sudah menjadi instruksi bupati. Hal ini dilakukan agar BPBD bersama pemerintah desa bersinergi sehingga kebakaran hutan dan lahan tidak menjadi bencana tahun ini," jelas Dani. (SUPRIADI/B-2)

Berita Terbaru