Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan PT AGU Masih Tumpang Tindih dengan Milik Warga Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 27 Maret 2017 - 20:04 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Wakil Ketua DPRD Barito Utara, Acep Tion mengatakan hingga saat ini masih banyaknya keluhan masyarakat mengenai PT Antang Ganda Utama (AGU). Keluhan itu diantaranya masalah pencurian sawit, penanaman PT AGU tumpang tindih dengan kebun masyarakat dan lainnya.

'Kita masih menyelidiki dan nantinya akan cek lapangan. Karena banyak keluhan dari masyarakat bahwa lahan yang ditanami sawit oleh perusahaan tidak sesuai kepemilikannya. Artianya apakah dalam hal ini perusahaan sudah mengganti rugi lahan, namun yang menjual adalah orang lain atau kelompok tani, tanpa sepengetahuan pemilik lahan, atau bagaimana,' ucapnya.

Untuk itu dewan perlu terlebih dulu melihat keabsahan surat atau dasar perusahaan melakukan penanaman sawit di lahan yang bermasalah dengan masyarakat. 'Kita akan menanyakan berapa luas sebenarnya wilayah izin PT AGU dan sejauh mana penanaman sawit yang telah mereka lakukan,' katanya.

Apabila benar perusahaan menanam sampai ke luar HGU, maka perusahaan sudah menyalahi aturan. 'Perusahaan harus patuh terhadap aturan. Kita tidak mau juga mencari-cari masalah perusahaan, karena dengan adanya perusahaan berinvestasi di daerah ini maka pemerintah bisa memperoleh pendapatan dari pajak yang dibayarkan, namun sangat diharapkan perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku,' katanya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru