Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kata Link Bukan Bahasa Indonesia, Gunakan Ini Sebagai Gantinya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Maret 2017 - 18:28 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyak istilah baru seiring kemajuan teknologi saat ini. Seiring perkembangannya mau tidak mau istilah ini juga digunakan untuk mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya istilah link atau hyperlink untuk menyatakan dokumen lain atau halaman lain.

Tapi kini menurut Basori, Penyuluh Bahasa pada Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, kata link sudah memiliki padanan dalam bahasa Indonesia yaitu pranala.

"Kata pranala muncul untuk menggantikan kata hyperlink atau link yang sudah terbiasa disebut dalam bahasa IT," ungkap pria yang akrab disapa Tjak Bas ini, Selasa (28/3/2017).

Pranala menurutnya dikhususkan untuk istilah dalam jaringan internet untuk sebuah tulisan atau obyek yang jika di-klik akan membawa kita ke halaman lain.

Beberapa ahli bahasa, media, penulis, wartawan, dan pengguna bahasa lainnya menurut Tjak Bas sudah menggunakan kata-kata baru ini, baik dalam profesi ataupun keseharian.

"Kita kapan mari cintai bahasa Indonesia seperti janji pemuda kita pada 1928," kata Tjak Bas mengajak. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru