Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Basarang Diminta Tetap Pertahankan Budaya Bali

  • 28 Maret 2017 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Komisi IV DPRD Kapuas, Ida Bagus mengajak generasi muda harus mempertahankan budaya dan tradisi umat Hindu Bali. Sebab saat ini budaya semakin terkikis oleh perkembangan jaman, sehingga seni kreativitas dalam pembuatan miniatur ogoh-ogoh harus dipesan dari Bali, terutama yang ukuran kecil.

Anggota fraksi PDIP ini mengapresiasikan dan bangga kepada warga Basarang, karena tidak melupakan budaya serta mengagas ritual arak ogoh-ogoh. Dijelaska, di Basarang ada tiga kelompok yang menggelar arak ogoh-ogoh. Yakni kelompok Petuana, Istiana, dan Darma Santi.

'Tiga kelompok ini sekarang bergabung menjadi satu dan berkumpul melaksanakan persembayangan sekarang,' ungkapnya. Dia mengharapkan warga Basarang terus mempertahankan budaya dan tradisi walau di tanah rantau.

Selain itu para tetua diharapkan selalu memberikan pembelajaran kepada generasi muda betapa pentingnya budaya dan tradisi warisan leluhur orang Bali. Namun tetap berpatokan pada prinsip dimana bumi di pijak di situ langit di junjung. (DJIMMI NAPOLEON/B-6)

Berita Terbaru