Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Rekam Jejak Halikinnor yang Diandalkan Jadi Sekda Kotim

  • Oleh Naco
  • 28 Maret 2017 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rencana Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi tahun ini tidak melakukan lelang jabatan terhadap posisi Sekretaris Daerah (Sekda), setelah pejabatnya yang saat ini, Putu Sudarsana pensiun pada Juli 2017 mendatang ia akan menunjuk Plt, sejumlah orang mulai menebak-nebak siapa pemegang jabatan nomor satu di lingkup ASN itu. Bahkan, ada yang secara terang-terangan meminta Asisten II Setda Kotim, H Halikinnor untuk dipercayakan mengganti Putu. Dengan alasan rekam jejaknya yang dinilai layak.

Halikin sendiri meniti karir sebagai ASN dari bawah, yakni sejak dari calon pegawai, staf , hingga menjadi camat di satu tempat, yakni di Kecamatan Kota Besi.

"Sampai jadi kepala urusan, kemudian saya pernah diangkat menjadi lurah, kemudian menjadi kasi di kecamatan," kata Halikinnor, Selasa (28/3/2017).

Sampai pada akhirnya ia diangkat menjadi camat, namun waktu itu oleh Bupati Kotim Wahyudi K Anwar ia ditempatkan di kecamatan pemekaran, yakni Cempaga Hulu, kecamatan pemekaran Cempaga.

Hingga akhirnya sejumlah warga sempat melakukan demo, lantaran keberatan Halikin ditugaskan di sana. Ada pihak yang meminta agar Halikin ditugaskan di Kecamatan Kota Besi saja.

"Warga waktu itu protes, kalau memang diangkat jadi camat kenapa jauh-jauh ke sana dan kenapa tidak di Kota Besi saja, kata warga. Sampai akhirnya saya ditugaskan jadi camat Kota Besi. Mungkin saya rasa hanya saya saja yang diangkat dari calon pegawai sampai jadi camat di satu tempat, biasa orang kalau jadi camat pasti pindah," ujar Halikinnor.

Sejak saat itulah rekam jejak Halikinnor mulai melejit. Ia kemudian diangkat menjadi camat kota, yakni Kecamatan MB Ketapang, hingga kemudian di kepemimpinan H Supian Hadi ia ditarik sebagai Plt Bagian Pemerintahan Setda Kotim, kemudian akhirnya defenitif sebagai Asisten II Setda Koti hingga sekarang.

Meskipun tergolong junior dari sejumlah nama lain namun banyak yang menganggap Halikinnor mampu, seperti halnya Wakil Ketua DPRD Kotim Parimus yang secara terang-terangan menyebut Halikinnor mampu dan layak menggantikan Putu. (NACO/B-5)

Berita Terbaru