Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Harus Antisipasi Naiknya Harga Pangan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 29 Maret 2017 - 11:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) harus mengantisipasi ketidakseimbangan antara jumlah produksi atau ketersediaan komoditas dengan pasokan dari luar, dikaitkan dengan jumlah permintaan penduduk, terutama untuk komoditas pangan.

Ini menjadi penekanan Gubernur Sugianto Sabran disampaikan Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kalteng, Lubis Rada Inin saat pertemuan bertajuk High Level Meeting (HLM) di kantor Perwakilan BI Kalteng, Rabu (29/3/2017).

Hal ini dikarenakanawal Mei hingga Juni 2017 sudah masuk masa puasa Ramadan yang dengan demikian permintaan kebutuhan bahan pokok semakin meningkat. Di sisi lain potensi kemarau menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas.

'Diperkirakan harga komoditi alami kenaikan sangat berati karena permintaan meninggi hadapi puasa dan hari raya, tetapi pasokan kita relatif tidak alami perubahan. Karena itu saya minta agar lakukan langkah strategis dan antisipatif,' pintanya.

Langkah antisipatif itu terutama kepada tim pengendali inflasi daerah (TPID) seluruh daerah dalam rangka pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan, dalam rangka mengendalikan inflasi. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru