Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musrembang Harus Hasilkan Perencanaan yang Rasional dan Realistis

  • Oleh Norhasanah
  • 29 Maret 2017 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Sukamara tahun 2017 yang digelar di aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat diharapkan menghasilkan dokumen perencanaan yang mampu menjawab tantangan dan permasalahan mendasar yang dihadapi masyarakat.

Sekretarias Daerah (Sekda) Sukamara Sumantri mengatakan, pelaksanaan Musrembang bertujuan menentukan arah pembangunan di tahun yang akan datang. Untuk itu, kegiatan ini diharapkan dapat didiskusikan serta dikritisi secara konstruktif dan komperehensif.

"Sehingga nantinya menghasilkan dokumen perencanaan yamg rasional dan realistis sesuai dengan kemampuan pendaan yang ada," harap Sumantri saat membuka kegiatan, Rabu (29/3/2017).

Menurut Sumantri, Musrenbang merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah ditahun yang akan datang.

"Forum Musrenbang ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dokumen perencanaan pembangunan daerah yang kita miliki," ucapnya.

Dikatakannya, hasil dari Musrembang ini akan sangat berpengaruh terhadap baik buruknya kualitas pengelolaan pembangunan yang akan dilaksanakan secara legal.

"Maka dengan meningkatnya kualitas dokumen Musrembang juga untuk menjamin aspirasi masyarakat yang dimulai dari tahapan perencanaan, lanjutan dengan pelaksanaan dan kemudian ditentukan kualitasnya pada tahap monitoring dan evaluasi atau pengawasan," terangnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru