Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Sukamara Langsung Lakukan Fogging Fokus Cegah Penyebaran DBD

  • Oleh Norhasanah
  • 29 Maret 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Munculnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menyerang 8 warga membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara bergerak cepat dengan melakukan fogging fokus untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti tersebut.

'Begitu ada laporan masuk maka kita langsung bergerak untuk melakukan fogging fokus kewilayah yang terjadi serangan DBD tersebut, ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran agar korban tidak bertambah,' kata Kepala Seksi Pengendalian Penyakit pada Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Sukamara, Benson Nababan, Rabu (29/3/2017).

Menurutnya, untuk memutus mata rantai penyebaran DBD ini maka fogging fokus dilakukan tidak saja dilingkungan tempat tinggal warga yang terkena demam berdarah, tetapi juga dilingkungan kerja atau lingkungan sekolah apabila penderita masih pelajar.

'Dengan adanya fogging fokus ini maka penyebaran nyamuk pembawa virus dengue ini bisa ditanggulangi,' ujar Benson.

Berdasarkan dari survey dan pendataan yang dilakukan oleh Dinkes Sukamara bahwa munculnya serangan DBD sekarang ini berasal dari lingkungan setempat atau tidak disebabkan penyebaran dari luar Kabupaten Sukamara sehingga kegiatan fogging fokus ini diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran.

'Karena penyebab DBD berasal dari lingkungan sekitar maka perkembangbiakan nyamuk ini harus ditanggulangi agar jumlah penderiat tidak semakin bertambah,' ucap Benson. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru