Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pendidikan Tetapkan Besaran Dana BOSDA untuk SMP dan SD, Ini Rinciannya

  • Oleh Noor Annisa
  • 29 Maret 2017 - 19:13 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasubbag Perencanaan Keuangan dan BMD Dinas Pendidikan Kotim, Damenta, merincikan besaran dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) yang dikucurkan pemkab untuk sekolah. 

"Kabupaten menyediakan dana sharing untuk SMP Negeri per siswa senilai Rp230 ribu dan SMP Swasta Rp190 ribu. Sedangkan untuk SD negeri Rp140 ribu dan SD swasta Rp120 ribu," kata Damenta, Rabu (29/3/2017).

Adapun jumlah sekolah yang menerima, yakni 311 SD Negeri dan 7 SD Swasta. Sedangkan untuk SMP, 28 SMP Swasta dan 79 SMP Negeri.

Namun, Damenta menjelaskan, untuk sekolah swasta saat ini dananya sudah dihibahkan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sehingga sedikit terkendala dalam pencairan. Dinas pendidikan sudah melakukan koordinasi dengan BPKAD agar pencarian cepat dilakukan.

"Untuk sekolah swasta sudah dipindah ke BPKAD, jadi disdik hanya menangani yang negeri saja," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Suparmadi mengimbau agar dana BOSDA digunakan sesuai petunjuk dan segera melaporkan penggunaanya.

"Saya harap dana digunakan sebagaimana petunjuk yang ada, begitu juga laporannya, dana yang dicairkan per tri wulan tersebut agar diselesaikan laporannya paling lambat di tanggal 10 bulan berikutnya. Sehingga mempermudah administrasi di kabupaten," pesan Suparmadi. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru