Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disnakertrans Sukamara Survei Kebutuhan Hidup Layak

  • Oleh Norhasanah
  • 30 Maret 2017 - 15:33 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakewrtrans) Sukamara melakukan survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL) terhadap pedagang di Pasar Sayur dan Ikan (Saik) Sukamara, Kamis (30/3/2017).

'Survei KHL merupakan salah satu kegiatan Disnakertrans Sukamara yang rutin dilakukan setiap bulan kecuali hari-hari besar seperti lebaran, puasa, natal dan tahun baru, dimana dapat dijadikan sebagai dasar untuk penetapan UMK (Upah Minimum Kabupaten),' kata Kepala Bidang Ketenagakerjaan Disnakertrans Sukamara, Syamsir Hidayat.

Survei KHL dilakukan Dewan Pengupahan Kabupaten Sukamara dengan membentuk tim yang keanggotaannya terdiri dari Dewan Pengupahan ditambah unsur tripartit, unsur perguruan tinggi atau pakar, dan Badan Pusat Statistik (BPS).

'Tugas yang dilakukan oleh tim saat melakukan survei kepada pedagang pasar adalah menghitung total nilai KHL di Kabupaten Sukamara,' ujar Syamsir.

Dalam melaksanakan survei KHL ada sebanyak tujuh komponen yang dilakukan kepada pedagang yakni terkait dengan makanan dan minuman, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi, rekreasi dan tabungan.

Selain itu survei dilakukan di pasar tradisional yang menjual barang secara eceran, bukan pasar induk dan bukan pasar swalayan atau sejenisnya.

'Untuk survey yang di Kecamatan Sukamara dilaksanakan bagi pedagang pasar Saik, selain itu juga dilakukan kepada pedagang di pasar Kecamatan Balai Riam dan pasar Desa Ajang Kecamatan Permata Kecubung,' ucap Syamsir. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru