Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perawat di Kobar Dukung Program Germas

  • Oleh Cecep Herdi
  • 31 Maret 2017 - 14:38 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun ' Para perawat yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kobar mendukung program pemerintah yakni gerakan masyarakat sehat (Germas).

"Germas merupakan momentum untuk meningkatkan keterlibatan perawat dalam upaya meningkatkan kesehatan oleh pemerintah untuk masyarakat. Peranan perawat sebagai tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan," kata Ketua DPD PPNI Kobar, Aimandinata, Jumat (31/3/2017).

Ia menjelaskan, dukungan germas bisa dilakukan dengan meningkatkan upaya preventif dan promotif terkait perilaku hidup tidak sehat dan sanitasi lingkungan yang tidak baik. 'Baik di fasilitas pelayanan maupun di masyarakat langsung,' ujarnya.

Karena, lanjut Aimandinata, perawat merupakan profesi kesehatan yang terlibat dalam setiap tahap rentang upaya kesehatan, mulai dari tindakan promotif, preventif, kuratif sampai dengan rehabilitatif. "Perawat merupakan garda terdepan dalam penanganan kesehatan," katanya.

Ia menambahkan, perawat dengan penguasaan keilmuan yang menyeluruh dapat terlibat dalam upaya penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan dini dan tentunya dalam upaya penyembuhan orang sakit.

'Sehingga organisasi profesi perawat seluruh Indonesia, mengajak seluruh masyarakat perawat untuk bersama-sama mendukung inisiatif germas ini,' tutupnya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru