Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Zona di Kalteng Masuki Kemarau Pertengahan Juni

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Maret 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangka Raya memprediksi dua zona wilayah Kalimantan Tengah akan mulai memasuk musim kemarau pada pertengahan Juni 2017.

"Di zona 264 yaitu di sekitaran Kotawaringin Barat bagian selatan, Seruyan bagian selatan, dan Kotawaringin Timur bagian selatan," ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG Tjilik Riwut Anton Budiyono, Jumat (31/3/2017).

Zona kedua yakni 268 yaitu di sekitar Barito Selatan dan Kapuas bagian tengah. "Pada dua zona ini kita prediksi musim kemaraunya di pertengahan Juni hingga awal Juli," kata Anton.

Menurut dia, meski saat ini masih sering turun hujan, April sebenarnya telah memasuki masa peralihan dari musim hujan ke kemarau.

Karena sebenarnya di April suhu permukaan air laut sudah mulai naik atau dikenal dengan istilah El Nino, namun tingkatannya masih sangat rendah.

"El Nino sudah kita prediksi mulai April sampai Agustus. Kita prediksi El Nino pada bulan April sampai Juli dengan kriteria masih lemah. Tetapi di Agustus sudah meningkat," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru