Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Nelayan Desa Sungai Undang Temukan Ikan Mola-mola Bobot 200 Kg

  • Oleh Parnen
  • 02 April 2017 - 15:03 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Empat nelayan Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, menemukan ikan Mola-mola bobotnya mencapai 200 kilogram (kg).

Ikan itu punya ukuran panjang sekitar 2 meter dan lebar 1,5 meter. Nelayan menangkap ikan tersebut  di perairan laut Seruyan, yang berdekatan dengan lokasi pemukiman warga Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Sabtu (1/4/2017).

"Kami temukan ikan itu sekitar pukul 10.30 Wib dan selanjutnya kami bawa ke lokasi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kuala Pembuang pada Sabtu (1/4/2017) sore harinya," kata Mustofa, salah seorang nelayan penemu ikan itu.

Sebelum ditemukan, lanjut dia, kondisi ikan tersebut masih hidup. Namun tengah mengapung di atas permukaan air. Begitu setelah diangkat ke atas perahu nelayan, tak lama kemudian ikan itu mati.

"Cukup sulit saat mengangkat ikan itu karena sangat berat. Kami belum pernah menemukan jenis ikan itu sebelumnya. Terlebih dengan ukurannya yang besar dan berat," ujarnya.

Dia menambahkan, adanya ikan besar dengan bobot berat tersebut, mengundang perhatian banyak warga desa dan warga Kuala Pembuang untuk melihatnya secara langsung dilokasi PPI Kuala Pembuang.

Sementara itu, dari berbagai sumber, ikan Mola-mola umumnya biasa disebut dengan nama latin Oceanic Sunfish. Di mana merupakan salah satu ikan langka yang terancam punah.

Di Indonesia, ikan Mola-mola terbesar pernah ditemukan di Perairan Teluk, Sulawesi dengan bobot mencapai 1,5 ton. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru