Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nurhidayah - Ahmadi Tanam Perdana Plasma Sawit di Desa Umpang

  • Oleh Cecep Herdi
  • 02 April 2017 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) terpilih, Nurhidayah dan wakilnya Ahmadi Riansyah menyambangi Kelompok Tani Kundur Jaya di Desa Umpang, Kecamatan Arut Selatan (Arsel) untuk menancapkan bibit pohon kelapa sawit perdana plasma PT Sawit Sumber Mas Sarana (SSMS) Tbk, perusahaan yang menjadi bagian dari Citra Borneo Indah (CBI) Group itu.

"Plasma ini tolong jangan dipindahtangankan atau dijual. Jaga dan rawat dengan baik karena ini untuk kesejahteraan ke depan," katanya yang tiba bersama rombongan didampingi H Ruslan AS, suami Nurhidayah, Sabtu (1/4/2017).

Kelompok tani ini beranggotakan 35 kepala keluarga (kk) yang bekerja sama dengan perusahaan CBI dalam program plasma sebanyak 250 hektare. "Kami mengapresiasi langkah masyarakat yang memilih memanfaatkan tanahnya dengan sistem plasma dengan CBI," kata Nurhidayah.

Salah satu anggota kelompok tani Kundur Jaya, M Arliansyah mengakui lahan miliknya seluas 14 hektare biasa ditanami karet. Namun musibah datang saat musim kemarau. Pohon karetnya ludes dilalap api. "Kami berharap kerja sama dengan CBI ini dapat meningkatkan kesejahteraan kami yang rata-rata bekerja kebun semua. Dan kami yakin ini pilihan terbaik," kata M Arliansyah, warga RT 1 Desa tersebut.

Menurutnya, sistem bagi hasil nanti yakni 30-70. 30% bagi perusahaan CBI dan 70% bagi masyarakat. "Tapi tahun pertama panen itu semua diberikan hasilnya kepada masyarakat, 100% hasilnya untuk kami," kata dia. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru