Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TP PKK Kapuas Jadi Inisiator Deteksi Dini Kanker Serviks

  • 03 April 2017 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - TP PKK Kalimantan Tengah secara berjenjang menyosialisasikan deteksi dini kanker serviks. Dalam sosialisasi yang dimulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa itu disertai dengan pemeriksaan IVA untuk deteksi dini kanker serviks. "TP PKK Kapuas ingin menjadi contoh supaya tidak hanya menjadi motivator atau inisiator. Tetapi ingin menjadi teladan, kamipun ikut pemeriksaan IVA," kata Ketua TP PKK Kapuas Ary Eghani Ben Bahat.

Ary berharap, kegiatan tersebut tidak hanya sebagai kegiatan yang secara berjenjang digemakan oleh Presiden RI tetapi lebih pada membangun kesadaran kaum perempuan untuk menghargai dirinya sebagai perempuan yang utuh dan perempuan yang sehat. "Karena ketika seorang perempuan menghargai dirinya sebagai seorang perempuan yang utuh dan sehat maka suaminya semakin sayang dan cinta," tuturnya.

Kemudian, ia mengimbau dan menugaskan kepada Ketua TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan untuk bekerja sama dengan seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat menyosialisasikan kanker serviks supaya kaum ibu datang ke Puskesmas terdekat untuk memeriksakan diri sejak dini.

Untuk diketahui, tes IVA massal sudah sering dilakukan di Kabupaten Kapuas baik di tingkat kabupaten secara berjenjang, maupun tingkat kecamatan dan desa.

Ia menyebut, jumlah wanita usia subur yang sudah mengikuti pemeriksaan IVA dan Sadanis mulai 2013 sampai dengan 2017 (hingga Maret) sebanyak 1.504 orang. Dari jumlah itu, ada 57 orang yang hasil tes IVA-nya positif dan 19 orang diduga menderita kanker serviks, serta 16 orang dirujuk.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Hj Agustiah Ningsih Said Ismail dalam siaran persnya berharap agar TP PKK yang ada di seluruh Provinsi di Indonesia mengadakan periksa IVA satu bulan sekali. "Baik dari kabupaten secara berjenjang sampai ke desa," kata Hj Agustiah dalam rilisnya. Ia pun mengimbau agar kaum ibu atau perempuan tidak malu memeriksakan diri demi menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru