Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak dan Kesetaraan Gender

  • Oleh Ramadani
  • 03 April 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Pemerintah Kabupaten Barito Utara berupaya mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) dan kesetaraan gender untuk menuju generasi emas tahun 2045.

Wakil Bupati Barito Utara Ompie Herby, pada apel gabungan di halaman Setda, Senin (3/4/2017), mengatakan bahwa pemkab sangat berkomitmen mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender, menghapus kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta mengurangi kesenjangan gender.

'Sudah banyak kebijakan dan program pemerintah yang disusun dan dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Seperti dengan melakukan percepatan strategi pengarusutamaan responsif gender di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, hukum, dan politik,' sebutnya.

Hal ini untuk mendorong terbentuknya kabupaten/kota layak anak, dalam rangka memberikan ruang kepada anak demi terpenuhinya hak mereka.

Selain itu, Pemkab Barito Utara melakukan upaya penguatan komitmen bersama kementerian/lembaga dan daerah untuk menyusun program dan kegiatan yang responsif gender, peduli anak, serta membangun mekanisme monitoring dan evaluasi setiap tahunnya.

Namun demikian, lanjut Wakil Bupati, hambatan dan tantangan kultural serta substansional juga tidak sedikit. Untuk itu, semua pihak diharapkan dapat memberikan inspirasi, kekuatan, dan amunisi tanpa henti bagi para pemangku kepentingan, penggiat perempuan dan anak, organisasi profesi dan kemasyarakatan, serta swasta.

Sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak serta mewujudkan kesetaraan gender dan membangkitkan semangat patriotisme, rasa persatuan dan kesatuan bangsa, juga saling menghargai dan menghormati. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru