Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyebab Kebakaran Rumah di Jl HM Arsyad Sampit Belum Diketahui

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 April 2017 - 23:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran sebuah rumah di Jl HM Arsyad Km 1,5, Sampit, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) milik Lukman, belum diketahui penyebabnya.

"Penyebab kebakaran rumah tersebut hingga saat ini belum diketahui," ujar Kapolsek Ketapang Kompol Purwanto Hari Subekti, Senin (3/4/2017).

Walaupun belum diketahui penyebabnya, namun dugaan sementara kebakaran tersebut akibat adanya konsleting listirik, dibagian gudang rumah tersebut.

Dugaan itu dikarenakan keterangan sang pemilik yang mengatakan bahwa tidak pernah mematikan dua buah lampu yang ada di dalam gudang itu. Apalagi saat kejadian, tidak ada kompor atau tabung gas di tempat tersebut.

"Di gudang itu tidak ada gas LPG atau kompor. Hanya saja ada mobil dan sejumlah bawang jualan," kata Purwanto.

Munculnya apipun terlihat dari bagian atap gudang tersebut, dan langsung menjalar ke bagian atap lainnya yang berada di rumah korban. Akibat hal tersebutpun membuat mobil pikap carry dan juga uang puluhan juta milik korban dan leluarga ikut terbakar. Sehingga kerugian diperkirakan mencapai Rp300 juta.

Sementara, kebakaran tersebut terjadi bermula ketika korban bersama istri, ibu, dan adiknya pulang dari berjualan bawang dan lauk pauk di Pasar Mangkikit atau dikenal dengan Pasar Subuh.

Sesampainya dirumah, mereka kecapean dan masing-masing masuk ke dalam kamar untuk tidur.

Lalu sekitar pukul 11.30 WIB, datang seorang laki-laki menggunakan baju pegawai negeri sipil (PNS) dengan berteriak bahwa ada api di bagian belakang rumah tersebut, sambil menggedor pintu rumah korban.

Hal itupun membuat para korban terbangun dan langsung menyelamatkan diri keluar rumah.

"Saat itu ibu saya tidur di belakang, beruntung dia sempat menyelamatkan diri dan tidak sempat dijatuhi kayu bagian atap yang terbakar," kata Lukman.

Setelah menyelamatkan diri, sejumlah warga lain yang melihat langsung berupaya memadamkan api tersebut, bahkan empat buah pemadam kebakaran dan juga sebuah mobil damkar dari Kecamatan Mentawa Baru Ketapang langsung datang ketempat itu.

Apipun berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.50 WIB. Dan saat ini polisi masih melakukan olah TKP di tempat tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru