Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab SMK Negeri 1 Bulik Batal Gelar UNBK

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 April 2017 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pada tahun pelajaran 2016/2017 ini, semula direncanakan tiga sekolah yakni SMAN 1 Bulik, SMKN 1 Bulik dan SMKN 2 Bulik yang akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Namun, karena terkendala sarana dan prasarana, SMKN 1 Bulik batal menerapkan UNBK dan tetap menggunakan Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas (UNBPK).

"Awalnya memang SMKN 1 Bulik akan menerapkan UNBK tetapi karena terkendala jaringan serta sarana lainnya akhirnya tidak jadi," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lamandau, Meigo, Senin (3/4/2017).

Meigo menyebut, akibat ketidaksiapan sarana dan prasarana (sarpras) itu, SMK yang resmi menerapkan UNBK hanya SMKN 2 Bulik saja. Sapras yang dimaksud adalah ketersediaan jaringan internet yang masih dikhawatirkan mengalami gangguan, sehingga diputuskan UNBK-nya batal digelar dan diganti dengan pola lama.

Sementara, kepala SMKN 1 Bulik, Glorine, mengaku tidak masalah dengan UN di sekolah yang dipimpinnya tetap menggunakan sistem lama. "Tahun-tahun sebelumnya, UN di sekolah kita kan memang berbasis pensil kertas, jadi tahun ini-pun tidak ada kendala," bebernya.

"Bahkan, sesuai dengan jumlah siswa peserta UN yang terdaftar di SMKN 1 bulik tahun 2017 ini, yakni 100 orang semuanya hadir mengikuti UN," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-10)

Berita Terbaru