Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelantikan Bupati Kobar Terpilih Diperkirakan Awal Mei 2017

  • Oleh Cecep Herdi
  • 04 April 2017 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pelantikan bupati dan wakil bupati Kotawaringin Barat (Kobar) hasil Pilkada Serentak 15 Februari 2017 diperkirakan akan digelar di Palangka Raya awal bulan Mei. 

"Saya tidak bisa menduga. Tapi perkiraan saya saat ini surat rekomndasi usulan pengesahan dan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih sudah ada di tangan mendagri," kata Ketua DPRD Kobar Triyanto, Selasa (4/4/2017).

Menurut Triyanto, usai penetapan oleh KPU Kobar, DPRD telah mengusulkan ke gubernur. "Saya yakin juga di tangan gubernur tidak lama, setelah berkas kekurangannya dilengkapi langsung disampaikan ke mendagri," kata dia.

Jika Surat Keputusan (SK) dari mendagri telah dikirim ke gubernur, maka pelaksanaan pengesahan dan pelantikannya akan dilaksanakan di sana. "Ke DPRD Kobar tembusan saja. Pelantikannya dilaksanakan di provinsi. Keinginan kita pelantikan ini dilakukan secepatnya," ujar Triyanto.

Ia menjelaskan, DPRD dan gubernur masing-masing memiliki waktu empat belas hari kerja untuk mengusulkan surat pengesahan dan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih. Terhitung sejak Senin (20/3/2017) DPRD Kobar langsung mengirimkan hasil penetapan bupati dan wakil bupati Kobar terpilih, Pasangan Nurhidayah - Ahmadi Riansyah (Nurani) yang ditetapkan KPU, ke Gubernur Kalteng.

Pasangan Nurani menang dalam Pilkada Kobar 2017. Pasangan nomor urut tiga ini mendapat suara terbanyak dengan lebih dari 52%, menyingkirkan empat pasangan calon lainnya.

Sebelumnya, Nurhidayah, Bupati Kobar terpilih juga sempat mengatakan pelantikan dia dan wakilnya kemungkinan jatuh di awal Mei. "Mudah-mudahan Mei insyallah sudah dilantik," katanya. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru