Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya Tujuh Desa di Sukamara yang Ikut Lomba Perpustakaan

  • Oleh Norhasanah
  • 04 April 2017 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Dari sebanyak 32 desa yang ada di Kabupaten Sukamara hanya ada 7 desa terdaftar mengikuti kegiatan lomba perpustakaan sekolah dan desa yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sukamara, meski demikian pihak penyelenggaran memaklumi dengan kondisi tersebut.

Kepala DPK Sukamara, Aji Nugraha mengatakan meskipun tahun ini hanya ada 7 desa yang mengikuti lomba perpustakaan namun jumlah tersebut tetap lebih banyak apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti beberapa desa saja.

'Kita memaklumi adanya desa-desa yang belum mengikuti lomba perpustakaan ini karena kemungkinan mereka masih ada kendala,' kata Aji, Selasa (4/4/2017).

Menurutnya, kemungkinan kendala yang dihadapi oleh desa untuk ikut dalam lomba perpustakaan adalah belum tersedianya gedung perpsutakaan yang dimiliki oleh desa sehingga pengelolaan perpustakaan yang dilakukan masih belum berjalan dengan optimal.

'Kendala tersebut bisa saja terjadi sebab belum semua desa memiliki gedung perpustakaan desa sehingga dalam melaksanakan program perpustakaan desa mereka masih belum maksimal, dan dengan adanya lomba yang diselenggarakan secara rutin ini bisa menjadi pemicu semangat dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan oleh desa kedepannya,' ujar Aji Nugraha.

Kepala DPK Sukamara tersebut berharap agar ditahun yang akan datang kegiatan lomba perpustakaan desa bisa kembali meningkat, bahkan bila perlu seluruh perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Sukamara ikut berpartisipasi. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru