Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Tim Saber Walet Sisir Rumah-rumah Walet di Nanga Bulik

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 April 2017 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Setelah resmi dibentuk oleh Bupati Lamandau Marukan beberapa waktu lalu, Tim Sapu Bersih (Saber) Walet Pemkab Lamandau resmi terjun ke lapangan, Selasa (4/4/2017).

"Hari ini (Selasa 4/4/2017) tim sudah mulai terjun ke lapangan. Ada 3 tim yang terjun ke tiga titik yang berbeda di seputar Kota Nanga Bulik," ungkap Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lamandau, Sukarelawan Abadi, kepada borneonews.co.id.

Pria yang akrab disapa Ila itu menyebut, tiga tim yang mulai terjun ke lapangan untuk pertama kalinya ini menyosialisasikan aturan yang harus ditaati oleh para pengusaha walet di Lamandau. "Misinya sosialisasi aturan usaha perwaletan. Mulai dari masalah izin hingga ketentuan pembayaran retribusi yang menjadi kewajiban pengusaha walet yang usahanya telah menghasilkan," katanya.

Ila mengatakan, selain sosialisasi aturan perundang-undangan serta hasil daripada kesepakatan antara pengusaha walet dan pemkab Lamandau beberapa waktu lalu, Tim Saber Walet juga melakukan pendataan, sehingga nantinya dapat diketahui gedung penangkaran walet yang sudah mengantongi IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan Izin Gangguan (HO), serta mana saja yang belum.

Ada tiga titik yang menjadi fokus Tim Saber Walet dalam di hari perdana. "Untuk sementara zona Kota Nanga Bulik dulu, ada tiga tim untuk tiga zona yang terjun ke lapangan, yakni untuk wilayah sekitaran Jalan Batu Batanggui, Jalan Niaga, serta seputaran Jalan Ahmad Yani dan sekitarnya, dengan jumlah bidikan lebih dari seratus tempat penangkaran walet," ujarnya.

Ila menambahkan, hasil sosialisasi dan pendataan itu akan menjadi bahan untuk kemudian dilaporkan kepada bupati. "Nanti hasil tim yang terjun ke lapangan ini akan kita laporkan ke Bupati," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-10)

Berita Terbaru