Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Kesabaran Ekstra Menangani Anak Berkebutuhan Khusus

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 April 2017 - 17:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Orangtua yang memililiki anak berkebutuhan khusus harus mempunyai kesabaran ekstra. Untuk itulah, orangtua wajib mengetahui pola pengasuhan anak berkebutuhan khusus.

"Biasanya mereka kesulitan meniru. Perintah yang diberikan diusahakan dengan kalimat pendek. Misalnya untuk menyuruh anak tersebut berheti menyakiti diri saat sedang tantrum, cukup bilang berhenti, sakit. jangan gunakan kalimat panjang," jelas Sri Wahyuni, Pimpinan Lembaga dan juga guru Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Warga, Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kepada Borneonews Selasa (4/4/2017).

Untuk merangsang agar anak tersebut tertarik belajar dan berinteraksi dengan orang tua, pemberian penghargaan bisa menjadi salah satu pilihan. "Kemudian saat mengikuti terapi atau sekolah dan hasilnya anak tersebut perkembangannya tetap lambat, diharapkan orang tua agar terus bersabar."

Menurutnya, cepat atau lambatnya anak berkebutuhan khusus menerima pelajaran tergantung tingkatan ringan, sedang dan berat atau level autis yang diderita," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru