Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi Tandan Buah Segar Sawit London Sumatra Bakal Naik 10%

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 04 April 2017 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pada 2016 lalu, produksi tandan buah segar (TBS) inti PT London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) turun 12,5% menjadi 1,2 juta ton akibat dampak El Nino.

"Dengan meredanya El Nino, diperkirakan produksi TBS inti LSIP akan naik maksimal 10% tahun ini," kata analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Andy Wibowo, kepada pers di Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Andy memperkirakan produksi TBS LSIP tahun ini akan naik hingga 1,3 juta ton. Untuk mempertahankan pertumbuhan organik, LSIP berencana menanam kelapa sawit di lahan baru.

"Perseroan berencana menanam kelapa sawit baru di lahan seluas 1.000 hektare (ha). Ini merupakan bagian dari strategi pertumbuhan organik perusahaan," papar dia.

Sepanjang tahun lalu, penjualan LSIP mencapai Rp3,8 triliun, turun 8% dibandingkan penjualan tahun sebelumnya sebesar Rp4,1 triliun. Sejalan dengan penurunan penjualan, laba bersih LSIP melorot 4,8% menjadi Rp593,8 miliar, dari sebelumnya Rp623,3 miliar.

Sedangkan analis NH Korindo Securities, Joni Wintarja, mengatakan rencana LSIP menanami lahan kelapa sawit baru seluas 1.000 hektare merupakan program replanting, yaitu program tahunan untuk mengganti tanaman yang sudah tua dengan tanaman muda.

"Meredanya El Nino akan berpeluang mengerek produksi CPO LSIP sampai 10% sepanjang tahun ini. Permintaan CPO yang kuat di pasar domestik akan menstabilkan harga rata-rata di kisaran Rp7.500 hingga Rp8.000 per kg. Pada tahun ini, diperkirakan iklim akan kondusif, sehingga pendapatan perusahaan meningkat akan 7,1%," tutur Joni. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru