Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulukumba Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Disperindagsar Dipanggil Kementerian, Launching Pasar Gembira Tertunda

  • Oleh Ramadani
  • 04 April 2017 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Pemerintah Kabupaten Barito Utara berencana mem-launching Pasar Gembira, Muara Teweh, yang telah selesai direnovasi pada 27 Maret 2017.

Namun, rencana itu tertunda lantaran kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Barito Utara dipanggil oleh Kementerian Perdagangan terkait peninjauan ulang dana tugas pembantuan (TP) untuk pembangunan Pasar Darmaga, Muara Teweh senilai Rp6 miliar.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Adi Haryadi mewakili Kepala Disperindagsar Barito Utara Hajrannor menuturkan, penundaan launching Pasar Gembira terpaksa dilakukan lantaran kepala dinas harus secepatnya ke Jakarta.

'Oleh sebab itu, pelaksanaan launching Pasar Gembira kita tunda sementara waktu. Karena masalah review ini juga sangat penting dan mendesak serta banyak persyaratan yang harus dipenuhi,' katanya saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Selasa (4/4/2017).

Disampaikannya pula bahwa pembangunan Pasar Darmaga menggunakan tiang pancang dengan panjang bangunan lebih dari 50 meter serta lebar 23 meter. Sedangkan persyaratan yang harus disiapkan untuk dibawa ke Jakarta seperti rencana anggaran biaya (RAB), gambar, dan surat-surat tanah termasuk hasil sondir tanah.

'Alhamdulillah proses review itu sudah selesai, kendati masih ada perbaikan-perbaikan seperti RAB dan gambar, karena menggunakan Proto Type yang perencanaan pembiayaan dan gambar sudah dari Kementerian sana. Sedangkan kita hanya mengikuti bentuk yang sudah ada, sehingga bentuk bangunannya seragam di seluruh Indonesia,' ujarnya.

Selain Pasar Darmaga, Pemkab Barito Utara juga akan membangun pasar desa dalam rangka program revitalisasi pasar menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp4,3 miliar. Ada tiga pasar desa yang akan dibangun yakni di Kecamatan Teweh Timur, di Kandui, Kecamatan Gunung Timang, dan Km 52, Desa Rimba Sari, Kecamatan Teweh Tengah. (RAMADHANI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru