Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Minta Pemprov tidak Promosikan Calon Sekda dari Luar

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 April 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Selama kurang lebih empat tahun, Pemerintah Kota Palangka Raya tidak memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Panitia Seleksi (Pansel) sudah ditunjuk dan nama yang terdaftar juga telah diajukan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Tapi hingga kini belum ada tanggapan.

Menurut Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, pihaknya menyadari bahwa belum turunnya surat balasan dari pemprov disebabkan pemerintah provinsi juga mengalami persoalan yang sama yakni belum memiliki sekda definitif.

Selain itu, pemprov baru saja melakukan perombakan struktur pejabat. Sehingga memungkinkan turut berpengaruh terhadap proses yang dilakukan pemerintahan di tingkat kota, terutama dalam sudut pandang aturan.

"Kami berharap kepada pemerintah provinsi terutama tim Pansel, agar tidak mempromosikan calon sekda dari luar Pemerintah Kota Palangka Raya. Pemko kan masih memiliki sejumlah abdi negara yang mumpuni, baik dalam pengalaman maupun eselonnya. Ya, kalau ada usulan dari luar, tentu kami akan mengkoordinasikan dulu dengan Kemendagri atau Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," kata Riban Satia.

Wali Kota mengakui, keberadaan sekda definitif sangat diperlukan. Terlebih sejumlah jabatan untuk kepala dinas maupun badan di lingkungan pemko masih ada yang lowong, sehingga secara aturan, sekda definitif mempunyai wewenang melakukan seleksi untuk lelang jabatan. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru