Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kapuas masih Pertimbangkan Penganggaran Gaji Guru Honorer SMA

  • 04 April 2017 - 20:16 WIB

BORNEONEWS,Kuala Kapuas - Anggota DPRD Kabuapten Kapuas Darwandie mengatakan, permasalahan penyediaan anggaran untuk membayar guru honorer SMA/SMK masih dipertimbangkan. Sebab, kewenangan pengelolaan SMA dan SMK berada di pemerintah provinsi.

"Kita dari DPRD masih melihat teknis pembagian mana yang menjadi kewenangan daerah dan provinsi akibat transisi perundang-undnagan tadi," kata Darwandie, di Kuala Kapuas, Selasa (4/4/2017).

Ia mengatakan, tidak tega melihat para guru honorer belum menerima gaji. "Namun harus dilihat kembali formula mekanisme aturan. Kalau pemerintah provinsi melepaskan kewenangan ke kabupaten untuk menyediakan anggran, membayar gaji guru honor SMA dan SMK," jelasnya.

Darwandie mengatakan, harus ada aturan yang jelas, karena ini terkait anggaran dan kemampuan keuangan daerah. Menurutnya, dengan kewenangan di provinsi, tapi pembayaran gaji di daerah perlu dikaji kembali.

"Ini sangat lucu, kok kebijakan di provinsi, kabupaten jadi beban pembayaran gaji guru kontrak. Akibat pelimpahan kewenangan tersebut Dana Alokasi Khusus untuk Kabupaten Kapuas berkurang," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-10)

Berita Terbaru