Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disnaker Minta Wali Kota Palangka Raya Arahkan SKPD Manfaatkan Lulusan BLK

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 April 2017 - 11:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Said Sulaiman, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palangka Raya meminta wali kota mengarahkan SKPD untuk memanfaatkan lulusan balai latihan kerja (BLK) guna mendorong penyamaan pemahaman dalam menyikapi dan memanfaatkan warga yang pernah mendapat pelatihan.

"Disnaker tidak memiliki kewenangan mendorong SKPD lain untuk memanfaatkan sarana kekerampilan di BLK ini. Lain halnya kalau wali kota mengarahkan langsung agar SKPD memanfaatkan jasa BLK dalam perbaikan mobil dinas, pesanan mebel atau pakaian dinas," ungkap Said kepada Borneonews.co.id, Rabu (5/4/2017).

Said menyebut BLK di bawah binaan Disnaker selama ini telah membuka peluang bagi tenaga kerja untuk bisa terampil dalam berbagai bidang keahlian seperti otomotif sepeda motor, mobil, mebel kayu sampai dengan keterampilan menjahit.

"Dengan telah ditempa pendidikan dan keterampilan, maka kemampuan yang dimiliki para tenaga kerja pada BLK Disnaker setidaknya bisa dimanfaatkan oleh dinas-dinas terkait dalam berbagai keperluan maupun kebutuhan," katanya menambahkan.

Dikatakan, keberadaan BLK ini tidak lain bertujuan untuk mendorong percepatan pengurangan angka pengangguran, termasuk dalam rangka pengentasan kemiskinan yang secara tidak langsung sebagai upaya peningkatan ekonomi kerakyatan, maupun sebagai wadah bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Di sisi lain BLK bisa menjembatani peningkatan kesejahteraan bagi para tenaga kerja yang telah dilatih.Memang dari sejumlah pendidikan maupun keterampilan yang diberikan bagi para tenaga kerja selama ini, tidak diragukan hasilnya, sehingga memungkinkan setiap SKPD memanfaatkan seraya membantu penguatan kesejahteraan para tenaga kerja terampil di BLK," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru