Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SSMS Maksimalkan Kawasan Hutan untuk Pelestarian Orangutan

  • Oleh James Donny
  • 05 April 2017 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- CEO PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) Vallauthan Subraminam, mengatakan masih banyak peluang yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pemanfaatan hutan di kawasan PT SSMK, khususnya untuk pelestarian orangutan.

"Ini merupakan bentuk kepedulian perusahan kita, untuk berbuat bagi kelestarian lingkungan supaya dapat terpelihara hingga masa yang akan datang," ujar Vallauthan, saat ditemui di lokasi pra pelepasliaran orangutan di Pulau Salat, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (5/4/2017).

Menurut dia, upaya penyelamatan orangutan di Kalteng membutuhkan kawasan hutan yang cukup besar. Untuk itu, Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) telah bekerja bersama dengan PT SSMS Tbk dalam mengelola lahan berhutan seluas 2.100 hektare di Pulau Salat.

"Dalam hal ini juga kita didukung oleh pemerintah daerah untuk mengusahakan seluruh kawasan ini termanfaatkan dengan baik dan maksimal," sebutnya.

Hingga saat ini, kata dia, sudah lebih dari 20 orangutan yang dipindahkan ke Pulau Salat dalam pra pelepasliaran kali ini. Pulau Salat, menurutnya, masih mampu menampung hingga 200 orangutan.

Kondisi hutan yang ada dinilai baik dan berkualitas, terisolasi oleh air sungai sepanjang tahun, tidak teridentifikasi memiliki populasi orangutan liar, cukup luas untuk mendukung kemampuan adaptasi, sosialisasi, dan ketersediaan pakan orangutan.

Luas lahan di kawasan itu yang diusahakan oleh Yayasan BOS ialah 655 hektare, sedangkan oleh perusahaan yang didirikan oleh pengusaha nasional H Abdul Rasyid AS ini seluas 1.434 hektare.

PT SSMS Tbk, kata Vallauthan, sangat menjunjung tinggi dan komitmen dalam pengelolaan perkebunan dengan mengikuti kaidah tata kelola lingkungan lestari dan sustainable. Hal itu sesuai dengan tata nilai perusahaan yakni care for the evironment.

Di sisi lain, proses pemindahan orangutan di Pulau Salat pada Rabu (5/4/2017), disaksikan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Kapolres AKBP Dedy Sumarsono, CEO Yayasan BOS Jamartin Sihite, Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah Adib Gunawan, serta sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Jabiren Raya. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru