Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kobar Berpeluang Raih Adipura ke-11

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 05 April 2017 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berpeluang besar memperoleh Piala Adipura ke-11. Peluang ini diketahui setelah tim verifikasi penilaian Adipura memberikan penilaian terhadap beberapa titik pantau pada Selasa (4/4/2017) kemarin.

Adapun titik pantau yang dinilai oleh tim verifikasi adalah Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) sampah, Pasar Indra Sari, Pasar Indra Kencana, dan bantaran Sungai Arut. Selain itu tim verifikasi juga shelter aliran Sungai Buun, serta bank-bank sampah.

Bank-bank sampah yang disambangi tim adalah bank sampah Harapan Ibu di RT 6, Kelurahan Sidorejo dan pengolahan daur ulang sampah di Pasir Panjang, serta bank sampah Induk Berkah Jaya.

"Dari hasil secara umum disampaikan bahwa nilai Pangkalan Bun cukup menjanjikan dan kemungkinan pada tahun 2017 ini kota Pangkalan Bun akan kembali meraih Adipura ke-11," kata Kepala Dinas LIngkungan Hidup (DLH) Kobar, Fahrizal Fitri, di ruang kerjanya, Rabu (5/4/2017).

Ia menjelaskan, tahapan setelah verifikasi penilaian adalah paparan kepala daerah di depan Dewan Pertimbangan Adipura (DPA). Selain itu akan dipaparkan juga seberapa banyak hotspot (titik panas) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kotawaringin Barat.

"Basis data yang digunakan adalah hotspot di 2015, 2016 dan 2017. Ini trennya yang dilihat bagaimana perbandingannya jumlah hotspot dan tahun ini kami monitor tidak ditemui adanya hotspot di Kobar. Mudahan dengan dukungan semua pihak Adipura Kirana bisa kita bawa pulang," tegas Fahrizal. (KOKO SULISTYO/B-10)

Berita Terbaru