Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diajak Menjaga Habitat Orangutan

  • Oleh James Donny
  • 05 April 2017 - 17:44 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Wilayah Selat Nusa di Desa Pilang menjadi kawasan yang cukup potensial untuk konservasi orangutan. Terkait hal tersebut Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian orangutan yang ada di wilayah tersebut supaya tetap terpelihara.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memelihara apa yang baru saja dilakukan pada saat ini, sehingga hutan kita menjadikan para satwa ini tetap lestari," kata Edy saat mengikuti proses pemindahan orangutan ke Pulau Salat, Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (5/4/2017).

Bupati juga mengharapkan petugas yang ada di wilayah konservasi orangutan ini dapat melakukan kerjasama dengan masyarakat setempat, baik yang ada di Desa Pilang dan Desa Tumbang Nusa. Menurutnya dengan ada kerja sama yang baik, maka masyarakat akan senantiasa peduli dengan upaya-upaya yang dilakukan untuk menjaga ekonsistem yang ada di kawasan konservasi tersebut. Koordinasi dengan pihak Polres dan Kodim yang ada di wilayah Pulang Pisau menurut Edy perlu dilakukan untuk menjaga keberadaan orangutan yang masih belajar untuk menyesuaikan dengan alam liar ini.

Edy mengatakan selain Tanjung Puting dan Nyaru Menteng, Pulau Salat menjadi kawasan yang cukup potensial untuk konservasi satwa yang hampir punah ini. Menurutnya di wilayah Selat Nusa hampir 3.000 hektar lahan berhutan yang dapat dimanfaatkan untuk konsevasi dalam mendukung pelestarian lingkungan. "Dengan menjadikan Pulau Salat sebagai tempat konservasi sebagai tanda bahwa di wilayah kami sangat memungkinkan," kata Edy. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru