Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPA Sanitary Landfill Penyumbang Tertinggi dalam Penilaian Adipura di Pangkalan Bun

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 05 April 2017 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah menjadi penyumbang tertinggi verifikasi penilaian Adipura di Pangkalan Bun. Keunggulan tempat pemprosesan akhir sampah itu karena sudah menggunakan teknologi dan konsep sanitary landfill.

Dalam konsep sanitary landfil, sampah yang masuk ke TPA tidak lagi ditumpuk, melainkan langsung ditimbun. Akibanya, sampah tidak sampai mengalami pembusukan secara terbuka, dan tidak menimbulkan bau.

Selain itu, keunggulan TPA dengan sanitary landfill lainnya adalah sisa pembusukan itu ada air lindi yang diproses melalui IPAL. Ini berfungsi untuk menetralisir racun, sehingga ketika mengalir ke lingkungan masyarakat sudah aman. " Jadi konsep sanitary landfill sudah sejauh itu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar, Fahrizal Fitri, Rabu (5/4/2017).

Ia menambahkan, gas metan yang dihasilkan oleh timbunan sampah sudah diuji coba pemanfaatannya untuk kebutuhan memasak. Gas metan juga sudah diuji coba untuk pembangkit tenaga listrik. Menurut Fahrizal, di TPA juga sudah dibangun unit pengelolaan pencacahan plastik. Diharapkan, dengan unit ini dapat mengurangi sampah-sampah yang masuk ke TPA.

"Kita juga mengembangkan sampah-sampah organik yang kita manfaatkan menjadi kompos. Itulah keunggulan dari TPA kita dan menjadi penyumbang nilai Adipura," terang Fahrizal. (KOKO SULISTYO/B-10)

Berita Terbaru