Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

CSR PT SSMS Kembangkan Kerajinan Anyaman Masyarakat

  • Oleh James Donny
  • 06 April 2017 - 06:16 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) berkomitmen melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan mengembangkan kerajinan anyaman masyarakat di Desa Pilang, Kecamatan Jabiren Raya.

Kadep CSR PT.SSMS Tbk Kharis Nuryanto mengatakan komitemn tersebut dilakukan untuk mendorong kemandirian usaha yang dimiliki masyarakat agar maju serta bermanfaat untuk meningkatkan perekomian di masyarakat.

"Ada beberapa kelompok yang sudah kita bina serta diberikan modal, karena selama ini masalah modal menjadi kendala mereka untuk menjalankan usahanya tersebut," terang Kharis saat ditemui di Pulang Pisau, Rabu (5/4/2017).

Ada sebanyak empat kelompok pengrajin kata dia yang mendapatkan bantuan CSR itu dan dalam satu kelompok ada 10 orang. "Harapan kita mereka dapat mengembangkan usahanya, dan dari hasil kerajinannya itu mereka jual ke kita, selanjutnya dari keuntungan penjualan itu nanti akan menjadi modal mereka berikutnya," terangnya.

Kerajinan anyaman yang ditekuni masyarakat Desa Pilang diantaranya membuat tikar, topi dan suvenir lainnya.

Dengan adanya pengembangan ini, perusahaan yang didirikan oleh pengusaha nasional H Abdul Rasyid AS ini akan berkolaborasi dengan potensi lainnya yang saat ini sedang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau untuk menjadikan Desa Pilang sebagai tujuan ekowisata.

'Meski masih ada pro dan kontra dimasyarakat kita mengajak masyarakat melihat dari sisi positifnya dan kita tentunya optimis bahwa warga Desa Pilang memiliki kapasitas untuk mengembangkan potensi yang dimiliknya tersebut," tambahnya.

Keberadaan Pulau Salat yang kedepannya akan dikembangkan sebagai tujuan ekowisata di Kabupaten Pulang Pisau ini akan semakin lengkap dengan kehadiran kerajinan yang mengandung kearifan lokal dan kedepannya diharapkan Desa Pilang mejadi sentra kerajinan anyaman rotan.(JAMES DONNY/m)

Berita Terbaru