Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbankan Harus Peduli KUR, Ini Harapan Gubernur Sugianto

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 06 April 2017 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Kalimantan Tengah (Kalteng) masih harus terus digenjot. Sebab dengan pola itu, ekonomi riil di tengah masyarakat bisa berjalan dengan baik.

Sebab KUR akan membantu permodalan untuk pelaku usaha mikro yang tidak memiliki dana segar yang mayoritas akibat terkendala agunan atau jaminan pinjaman.

Hal ini menjadi perhatian Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Ia ingin pelaku perbankan di Kalteng mau mempedulikan kesulitan pelaku usaha mikro yang selama ini kurang akses terhadap fasilitas perbankan.

'Kita sebagai pemerintah daerah ingin bersinergi dengan perbankan, terutama perhatian kepada pelaku usaha mikro. Perbankan kita dorong untuk penyaluran KUR agar semakin baik,' kata Sugianto saat mendatangi Bank Mandiri Kantor Cabang Palangka Raya Jalan A Yani Pasar Besar Palangka Raya, Rabu (5/4/2017)

Kepala Cabang Bank Mandiri Palangka Raya, Arief Indra Kurniawan berjanji akan bersinergi dengan pemerintah provinsi soal penyaluran KUR dan fasilitasi kredit bagi pelaku UMKM. Khusus untuk KUR, Indra mengungkap hingga saat ini sudah terkucur Rp 125 miliar, itu baru dari Bank Mandiri saja, belum dari bank yang lain.

'Kita terus melayani penyaluran kredit untuk pelaku UMKM, termasuk petani. Untuk KUR dari kita sudah Rp 125 miliar (dari mikro sampai kecil). Nominal itu sudah mencakup se-Kalteng,' jelasnya.

'Kalau pola pembangunan, kita mulai bantu dari yang kredit mikro. Sebetulnya banyak yang bisa kita garap, dari perdagangannya, pertaniannya, dan lainnya,' sambung Indra. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru