Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Buka Musrenbang Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 06 April 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro resmi membuka musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Kota Palangka Raya, Kamis (5/4/2017).

Bambang datang ke Bumi Tambun Bungai bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek.

Musrenbang kali ini digelar dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun anggaran 2018.

Menteri Bambang dalam sambutannya, menekankan tidak ada lagi pemerataan 'kue' pembangunan dalam setiap bidang atau dinas. Selain itu, tidak semua dinas dibekali anggaran besar, kecuali memiliki program yang layak dan prioritas. Karena paradigma penganggaran saat ini adalah money follows program atau uang mengikuti program, bukan sebaliknya.

'Paradigma yang kita lakukan sekarang adalah money follows program, bukan money follows function yang sudah berpuluh tahun selama ini dipraktikkan. Selama ini, yang penting ada fungsi dan dinasnya selalu diberi jatah anggaran. Padahal belum tentu ada manfaatnya. Praktik seperti ini harus ditinggalkan,' kata Bambang di Aula Jayang Tingang.

Berbicara masalah perencanaan, Bambang menandaskan kebijakan yang diambil pemerintahan Joko Widodo dalam rencana kerja pemerintah (RKP) menitikberatkan pada program kegiatan pembangunan yang tematik, holistik, integratif, dan spasial. Dengan cara ini, pengukuran hasil kinerja di lapangan berlaku sangat ketat.

Seusai memberikan pencerahan mengenai arah perencanaan pembangunan, Kepala Bappenas mengungkapkan dirinya ingin meninjau beberapa hasil perencanaan proyek strategis nasional yang dibangun di Kalteng. (ROZIQIN/B-3

Berita Terbaru