Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Kembangkan Wisata Bahari di Desa Sabuai

  • Oleh Cecep Herdi
  • 06 April 2017 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memiliki potensi wisata yang mumpuni, dengan panjang garis pantai 156 kilometer. Sejumlah wisata bahari pun tersedia, seperti Pantai Kubu, Teluk Bogam dan Tanjung Keluang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar, Gusti Imansyah mengungkapkan, tahun 2017 ini pihaknya akan mengembangkan lagi sektor wisata bahari. Wilayah yang dipilih dan akan segera dikembangkan adalah di Desa Sabuai, Kecamatan Kumai.

'Sudah kita koordinasikan dengan pemerintah desa (pemdes) setempat, agar menyiapkan lokasinya,' kata Gusti Imansyah, Kamis (6/4/2017).

Menurutnya, koordinasi dengan pemdes bertujuan agar ke depan menghindari masalah, misalnya sengketa lahan. Namun, untuk Pemdes Sabuai, berdasarkan hasil koordinasi yang dilakukan akan memastikan tersedianya lokasi untuk pengembangan wisata bahari itu.

"Dengan adanya objek wisata itu, secara tidak langsung pasti akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, contohnya peningkatan di sektor ekonomi. Dengan adanya objek wisata di sana, nantinya warga setempat bisa berjualan dan tentu saja akan menambah pendapatan ekonomi mereka,' terangnya.

Ia menjelaskan, salah satu alasan kenapa tidak mengembangkan wisata yang ada seperti Pantai Kubu. Masalahnya ada pada kurangnya lahan yang bisa dikembangkan lagi.

'Lahan yang ada milik warga, makanya kita cari lokasi yang potensinya bisa benar-benar berhasil untuk dikembangkan,' jelasnya. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru