Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Usulkan 10 Helikopter untuk Tangani Karhutla 2017

  • Oleh Cecep Herdi
  • 06 April 2017 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalimantan Tengah pada 2015 menjadi perhatian dunia. Bahkan kejadian itu menjadi program prioritas penanganan bencana karhutla pemerintah pusat.

Zero karhutla ditekankan di daerah yang rentan terjadi karhutla saat musim kemarau. Termasuk di Kalteng. Sehingga untuk pencegahannya, beberapa helikopter water bombing diturunkan.

Untuk tahun ini, Kalteng mengusulkan 10 helikopter untuk penanganan karhutla. "Usulan helikopter bukan hanya kabupaten Kobar saja. Tapi semua Kabupaten dan Kota juga butuh," Kata Danlanud Iskandar Pangkalan Bun, Letkol Pnb Ucok Enrico Hutadjulu.

Ia mengakui untuk antisipasi karhutla semuanya sudah dilakukan. Termasuk pengusulan helikopter untuk water bombing. Satu helikopter bisa menangani hingga dua kabupaten lebih. Mengingat luas provinsi Kalteng ini satu setengah pulau jawa. "Kalau usulanya itu ada 10 helikopter. Tapi realisasinya itu berapa kami juga tidak tahu," katanya.

Ia menjelaskan penanganan karhutla dengan sistem water bombing selama ini sangat efektif. "Nanti kalau ada bantuan helikopter itu saya komandonya untuk di Provinsi Kalteng," ujarnya. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru