Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Harapkan Bulog Naikkan Harga Beli Gabah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 April 2017 - 20:07 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Petani di Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengharapkan Bulog bisa menghargai gabah mereka lebih tinggi lagi per kilogramnya.

'Saat ini hanya Rp3.750 per kilogramnya. itu sangat rendah dan tidak sesuai dengan modal dari bertani," ujar Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Samuda, RA Basuki, Kamis (6/4/2017).

Dengan harga yang rendah tersebut, maka para petani akan mengalami kerugian. Karena tidak sesuai dengan pengeluaran mulai dari pembajakan, penanaman, hingga panen. Tidak hanya itu, biaya angkut dan juga tenaga untuk mengeringkan gabah juga tidak akan terbayar dengan harga tersebut.

'Kami berharap ada penaikan untuk nilai harga yang dipatok oleh pemerintah. Sehingga kami akan selalu menjual gabah ke Bulog,' kata Basuki.

Para petani berharap, paling tidak untuk harga gabah Rp6000 per kilogram. Hal itu cukup pas dan petani bisa mendapat keuntungan.

Sementara untuk saat ini, para petani terpaksa menjual hasil panennya kepada para pengepul yang ada di daerah ini, untuk mendapat keuntungan lebih. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru