Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet di Katingan Menurun

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 April 2017 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Harga getah karet di tingkat petani Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhirmengalam penurunan. Sebelumnya harga getah karet Rp10 ribu per kilogram, saat ini menjadi Rp7 ribu.

"Sudah seminggu terakhir ini pengepil membeli getah karet kita seharga Rp7 ribu per kilogram. Sebelumnya Rp10 ribu per kilogram," tutur Wily, petani karet di Jalan Soekarno-Hatta Kasongan, Kamis (6/4/2017).

Karena harganya anjlok, Wily mengaku sejak dua hari terakhir berhenti sementara menyadap karet itu sambil menunggu harganya kembali normal.

"Yang sudah terlanjur kita sadap, kita simpan dulu sambil menunggu harga naik baru kita jual. Selisih harganya lumayan yakni Rp3.000," jelas Wily.

Padahal, kebun karetnya seluas sekitar 3 hektare saat ini sudah mulai produksi. "Kemarin saat harganya di tingkat petani masih Rp10 ribu per kilogram. Setelah mendengar kabar harganya turun, kita berhenti menyadap sementara," katanya.

Sebenarnya harga Rp7 ribu per kilogram itu tidak menimbulkan kerugian signifikan. "Harapan kami harga getah karet ini bisa kembali naik jadi Rp10 ribu per kilogram atau setidaknya Rp9 ribu," imbuh Wily. (ABDUL GOFUR)

Berita Terbaru