Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bulog dan TNI Dirikan Posko Serapan Gabah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 April 2017 - 22:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam rangka mendukung keinginan pemerintah pusat maupun Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) untu memenuhi serapan gabah atau beras, Kodim 1015 Sampit bersama Bulog Subdivre Sampit mendirikan posko penyerapan gabah atau beras dari petani lokal.

'Posko penyerapan gabah atau beras tersebut, kami dirikan di kantor Bulog Kodim 1015 Sampit. Hal itu dilakukan agar petani tidak kebingungan mau menjual gabahnya ke mana,' ujar Dandim 1015 Sampit Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa, Kamis (6/4/2017).

Posko tersebut didirikan guna membantu pemerintah dalam memenuhi target pencapaian serapan gabah atau beras di deerah ini.

Kodim 1015 Sampit juga telah memetakan terhadap beberapa wilayah yang memiliki potensi panen. Yang mana ada di Kecamatan Kota Besi, Teluk Sampit, Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut, Antang Kalang, Mentawa Baru Ketapang, dan Kecamatan Telaga Antang.

Sedangkan untuk di dua kabupaten lain yang juga merupakan wilayah dari Kodim 1015 Sampit, yaitu di Kabupaten Katingan, yakni terletak di Kecamatan Katingan Hilir serta Mendawai. Sementara di Kabupaten Seruyan, berada di Kecamatan Seruyan Hilir, Timur, dan Danau Seluluk. 

Selama tahun 2017, realisasi penyerapan gabah atau beras di Kotim mencapai 433,45 ton atau sebesar 9,01 persen dari yang telah ditargetkan sebesar 4.800 ton.

Realisasi penyerapan gabah atau beras di tahun 2017, setiap bulannya bervariasi. Seperti pada Februari hanya mampu menyerap 31 ton, dan jauh meningkat di bulan Maret sebesar 305,65 ton. Sedangkan sepanjang bulan April ini sudah mampu menyerap 96,80 ton beras atau gabah. (MUHAMMAD HAMIM/)

Berita Terbaru